Pelatihan Digital Marketing & E-Commerce kepada Kelompok Tani

  • Jul 30, 2022
  • TAMBAKSARI.SUMBERMANJINGWETAN

Digital marketing merupakan sebuah kegiatan pemasaran secara digital untuk memperkenalkan produk secara lebih luas dan membantu meningkatkan penjualan dengan memanfaat media digital, salah satunya media sosial. Dengan melihat segala potensi di Desa Tambakasri, mahasiswa KKN Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya melakukan pelatihan digital marketing dan marketplace kepada para kelompok tani Desa Tambakasri. Pelatihan tersebut dilakukan di rumah Bapak Juanda, ketua RT.14 Dusun Sidomulyo dengan peserta sebanyak 11 orang dari perwakilan kelompok tani. 

 

Dengan dipandu dan dilatih kelompok mahasiswa KKN Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya, pelatihan dimulai dengan pengertian dan keuntungan digital marketing, media apa saja yang bisa digunakan, jenis grafik saluran promosi dan penjualan, pembahasan tentang aplikasi instagram, serta bagaimana contoh akun promosi pada instagram yang baik dan benar. Selain itu, pada pelatihan tersebut juga mengajak para peserta untuk melakukan praktik secara langsung dari materi yang telah diberikan, mulai dari proses pembuatan akun, pengeditan bio akun, posting (pengunggahan) foto, video, dan fitur reels. 


Selain pembahasan seputar digital marketing, pelatihan tersebut juga memperkenalkan marketplace kepara kelompok tani yang hadir. Dengan kemajuan zaman, marketplace bukanlah sebuah hal asing lagi sehingga pengenalan marketplace dapat membantu para petani sebagai salah satu media penjualan baru untuk produk mereka. Pelatihan terkait marketplace dimulai dari  penjelasan terkait keuntungan, jenis marketplace yang paling sering digunakan, dan grafik pendukung penggunaan marketplace. Selain itu, sama halnya dengan materi digital marketing, pada akhir sesi materi juga terdapat praktik langsung dalam penggunaan salah satu marketplace yaitu shopee. Melalui pendampingan mahasiswa KKN secara langsung,  praktik dimulai dari pembuatan akun, pembuatan toko, upload produk, hingga cara melihat riwayat penghasilan/penjualan.

Foto oleh: Mahasiswa KKN FILKOM Universitas Brawijaya